Diet pasca operasi laparatomi pdf

Obat yang sering digunakan adalah derivate turunanfenothiazin, derivate benzodiazepine, derivate butirofenon, derivate barbiturate dan antihistamin. Diet pasca bedah II Diberikan pada pasien pasca bedah besar saluran cerna atau sebagai perpindahan dari diet pasca bedah I.

Pasien pascabedah besar, setelah diet Pasca-Bedah III Cara Memberikan Makanan Makanan diberikan berupa makanan lunak yang dibagi dalam 3 kali makanan lengkap dan 1 kali makanan selingan. Jurnal Kesehatan Andalas. Pada pasien yang mengalami nyeri abdominal atau masalah intestinal yang tidak jelas penyebabnya, dan berbagai tes tidak dapat menemukan penyebabnya, maka dilakukanlah Explorasi Laparatomy ini untuk menegakkan diagnosa.

Salah satu pasien yang rentan terhadap malnutrisi adalah pasien kasus bedah saluran pencernaan Toar JM Lalisang, Akibatnya terjadi obstruksi vena, edema semakin bertambah dan bakteri akan menembus dinding appendiks.

Tinja yang keras dapat menyebabkan terjadinya konstipasi. Buku saku diagnosa keperawatan. Pembukaan bagian tubuh ini umumnya menggunakan sayatan.

Manfaat Mobilisasi Dini Pada Pasien Postoperasi Laparotomi

Berdasarkan perhitungan kebutuhan, pasien membutuhkan energi ,6 kkal, protein 64 g, lemak 60 g, dan karbohidrat ,11 g. Sejak pasien tinggal di rumah sakit untuk jangka waktu yang cukup lama, yang paling utama adalah formula diet yang akan diberikan harus memenuhi kebutuhan semua zat gizi.

Terdapat 3 jenis diet dengan indikasi pemberian sebagai berikut Almatsier, Vasodilatasi, vasodilatasi pembuluh darah dapat menghantarkan nutrisi dan fagosit terhadap luka saat timbul tanda-tanda peradangan. Silverman, BK. The design of this study was a cross sectional to 31 respondents by consecutive sampling technique.

Perbedaannya hanya terletak pada jumlah porsi lauk hewani dan nabati pada makan siang. Penyebab Pra dan Pasca Bedah Penyebab dilakukan pembedahan dikarenakan adanya suatu penyakit didalam tubuh yang perlu di angkat dengan cara pembedahan. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kudus.

jurnal laparatomi.docx

Pengobatan-pengobatan setelah operasi: Bila mual: Pada hari ini 1 liter protein hidrolisat dapat dihilangkan dari pemberian makanan bagi pembuluh darah. Asam lemak merupakan komponen khusus untuk proliferasi sel luka, inflamasi luka, dan fungsi sel luka.

Hasil pengukuran antropometri tidak ada perubahan, belum ada pemeriksaan biokimia terbaru, dan hasil pemeriksaan fisik klinik menunjukkan bahwa tanda-tanda vital pasien normal.

Doenges, Marilynn E. RS Tanggal: Keluarga pasien mendukung pasien untuk menjalankan diet yang dianjurkan ketika sudah di rumah yaitu bertahap sesuai daya terima pasien pasca operasi.

Diet Pasca Patah Tulang dan Trauma Lainnya Pasien yang patah tulang memerlukan peningkatan pemecahan protein dalam pemberian asupan gizi yang baik bagi individu, yang dapat diperburuk kondisinya hingga menjadi tidak dapat bergerak, hanya mampu beraktivitas di atas kasur saja.

Energi tinggi dengan koreksi adanya faktor stress. Laporan Depkes RI menyatakan laparatomi meningkat dari pada tahun menjadi kasus pada tahun dan 1. Pengkajian Perlengkapan yang dilakukan pada pasien post laparatomy, adalah; 1. Hormone-hormon yang ada juga dapat mengacaukan emosi, membuat pasien pasca operasi mudah menangis dan lelah.

Meski mengaku mengalami penurunan nafsu makan selama sakit, namun pasien masih mau memakan nasi dan tidak mengalami masalah gastrointestinal lain seperti mual ataupun muntah, sehingga bentuk yang diberikan biasa atau nasi. A Surgical mobilisasi dini. Mengganti kehilangan protein, glikogen, zat besi, dan zat gizi lain 3.

Obat- obatan premedikasi yang diberikan biasanya adalah valium atau diazepam. Komplikasi post laparatomi; 1. Secara keseluruhan, pola makan WS sudah termasuk baik yaitu 3 kali sehari namun jarang mengonsumsi cemilan. Menghindari obat-obat anti radang seperti steroid. Pengembalian Fungsi fisik.

Puasa panjang dengan mengistirahatkan saluran pencernaan diperlukan asupan nutrisi yang memadai.Bedah laparatomi merupakan tindakan operasi pada daerah abdomen (Spencer) yang dapat dilakukan pada bedah digestif dan robadarocker.com karena itu sebagai perawat hendaknya mengetahui tentang tekhnik dan perawatan pada klien dengan robadarocker.com: Askep2.

Diet pasca-bedah II diberikan kepada pasien pascabedah besar saluran cerna atau sebagai perpindahan dari Diet Pasca Bedah I. Cara Memberikan Makanan yaitu diberikan dalam bentuk cair kental, berupa kaldu jernih, sirup, sari buah, sup, susu, dan puding rata-rata kali sehari selama pasien tidak tidur.

Laparatomi adalah prosedur tindakan pembedahan dengan membuka cavum abdomen dengan tujuan eksplorasi. Perawatan post laparatomi adalah bentuk pelayanan perawatan yang diberikan kepada pasien-pasien yang telah menjalani operasi pembedahan perut. Mobilisasi dini pasca operasi pada pasien operasi abdomen harus segera dilaksanakan dalam 24 jam pertama sesudah operasi untuk mempercepat waktu pemulihan peristaltik usus.

Efektifitas Ambulasi Dini Terhadap Proses Intensitas Nyeri Pasca Operasi Laparatomi; Nyeri adalah sensai yang penting bagi tubuh.

BAB 1 PENDAHULUAN 1 Latar Belakang Laparotomi merupakan

Provokasi saraf-saraf sensorik nyeri menghasilka ketidaknyamanan, distress, atau penderitaan (Yudiyanta, dkk, ). Nyeri merupakan pengalaman pribadi yang diekspresikan secara berbeda pada masing-masing individu.

Nyeri bersifat subjektif, dan persepsikan. Diberikan pada pasien pasca bedah besar saluran cerna atau sebagai perpindahan dari diet pasca bedah II. Makanan yang diberikan berupa makanan saring ditambah susu dan biskuit. Cairan hendaknya Author: Leena Blog.

Diet pasca operasi laparatomi pdf
Rated 0/5 based on 79 review