Karbohidrat dalam kimia

Dalam metabolisme tubuh manusia yang normal, laktosa dihidrolisis secara enzimatis menjadi D-galaktosa dan D-glukosa. Dinding sel merupakan salah satu bagian paling penting dari sel. Polisakarida yang termasuk kelompok ini adalah pati, selulosa dan glikogen.

Jadi dekstrin adalah hasil antara proses hidrolisis amilum sebelum terbentuk maltose.

Tentang Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi makhluk hidup. Karbohidrat yang dibangun oleh polihdroksi dan gugus aldehid disebut dengan aldosa, sedangkan yang disusun oleh polihidroksi dan gugus keton dikenal dengan ketosa.

Molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom karbon saja. Berikut adalah gambar struktur laktosa: Laktosa Laktosa adalah bentuk disakarida dari karbohidrat yang dapat dipecah menjadi bentuk lebih sederhana yaitu galaktosa dan glukosa. Plak di permukaan gigi yang disebabkan oleh bakteri diketahui kayak akan dekstran.

Monosakarida dan beberapa disakarida mempunyai sifat dapat mereduksi terutama dalam suasana basa. Selain itu, kerangka karbon monosakarida juga berfungsi sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul organik kecil lainnya, termasuk asam amino dan asam lemak. Oligosakarida Oligosakarida yang paling banyak di alam adalah disakarida.

Serat makanan mencegah kegemukan, konstipasi, hemoroid, penyakit-penyakit divertikulosis, kanker usus besar, penyakiut diabetes mellitus, dan jantung koroner yang berkaitan dengan kadar kolesterol darah tinggi.

Berdasarkan susunan molekulnya, karbohidrat dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu monosakarida, digosakarida dan polisakarida. Sukrosa mudah dihidrolisis menjadi D- glukosa dan Dfruktosa.

Polisakarida yang terdiri atas satu macam monosakarida saja disebut homopolisakarida, sedangkan yang mengandung senyawa lain disebut heteropolisakarida. Oligosakarida Senyawa yang termasuk oligosakarida mempunyai molekul yang terdiri atas beberapa molekul monosakarida.

Selobiosa didapatkan dari hidrolisis selulosa. Galaktosa Galaktosa merupakan suatu aldoheksosa. Glukosa Fruktosa Struktu glukosa dan fruktosa digunakan sebagai dasar untuk membedakan antara gula reduksi dan gula non-reduksi.

Jenis polisakarida adalah: Keadaan ini dikenal dengan penyakit galaktosemia yang biasa menyerang bayi. Granula pati mengandung campuran dari dua polisakarida berbeda, yaitu amilum dan amilopektin. Namun demikian, ada juga jenis pati yang hanya terdiri dari amilosa saja atau amilopektin saja.

Glikogen memiliki struktur mirip amilopektin salah satu jenis pati tetapi dengan lebih banyak percabangan, yaitu setiap residu. Hidrolisis lebih lanjut menghasilkan glukosa, oleh karena itu selebrosa adalah isomer dari maltose.

Karbohidrat

Tersusun oleh glukosa dan fruktosa dalam jumlah yang sama.carbon), hidrogen (H), dan oksigen (O) dalam tubuhnya.

Sekumpulan atom-atom akan membentuk molekul-molekul yang disebut molekul organik. Ada empat golongan molekul organik, yaitu molekul lipid, protein, karbohidrat, dan asam nukleat.

KARBOHIDRAT yaitu senyawa organik terdiri dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Terdiri atas unsur C, H, O dengan perbandingan 1 atom C, 2 atom H, 1 atom O. karbohidrat banyak terdapat pada tumbuhan dan binatang yang berperan struktural & metabolik. sedangkan pada tumbuhan untuk sintesis CO2 + H2O yang akan menghasilkan amilum / selulosa Author: Yuni Hardianti.

Karbohidrat (saccarides) terbagi dalam empat kelompok kimia: monosakarida,disakarida, oligosakarida, dan polisakarida. Pada umumnya, monosakarida dan disakarida yang lebih kecil (lebih rendah berat molekul) karbohidrat, yang sering disebut gula.

Sakarida berasal dari kata yunani sakharon yang berarti gula, sedangkan nomenklatur ilmiah adalah karbohidrat nkompleks, nama-nama monosakarida dan. Karbohidrat dapat larut dalam air, hal ini dikarenakan sifat karbohidrat sesuai prinsip “like dissolve like” yaitu senyawa polar akan melarutkan senyawa polar dan.

Pada karbohidrat juga dijumpai keisomeran optik, molekul-molekul yang komposisinya identik tetapi berbeda orientasinya dalam ruang dan keaktifan optiknya.

Karbohidrat yang paling sederhana ditemukan di alam mengandung tiga atom C disebut triosa. PROTEIN.

PERCOBAAN VII SENYAWA BIO-ORGANIK : KARBOHIDRAT (Kimia Dasar I)

Protein merupakan unsur penting dalam tubuh karena sebagian komponen utama pembentukan enzim yang berfungsi sebagai biokatalis. Protein juga merupakan komponen penyusun tubuh, seperti kuku dan rambut.

Karbohidrat dalam kimia
Rated 5/5 based on 10 review