Metabolisme karbohidrat

Selanjutnya sebagaimana asetil KoA dari hasil metabolisme karbohidrat dan protein, asetil KoA dari jalur inipun akan masuk ke dalam siklus asam sitrat sehingga dihasilkan energi. Fumarat terhidrolisis mengikat 1 molekul H2O sehingga membentuk malat 4 atom C. Isositrat mengalami dehidrogenasi membentuk oksalosuksinat dengan adanya enzim isositrat dehidrogenase.

Tahap ini akan mengahsilkan ATP yang diperlukan untuk kontraksi otot.

makalah metabolisme karbohidrat

Pada keadaan tanpa oksigen anoksia atau kekurangan oksigen hipoksia terjadi hambatan total pada siklus tersebut. Or use it to find and download high-quality how-to PowerPoint ppt presentations with illustrated or animated slides that will teach you how to do something new, also for free.

Asam amino seperti alanin, serin, glisin, sistein diubah menjadi asam piruvat dan masuk ke dalam mitokondria untuk dimanfaatkan dalam respirasi. Reaksi anaerob terdiri atas serangkaian reaksi yang mengubah glukosa menjadi asam laktat. Glikogenesis yaitu: Zat-zat yang dapat masuk adalah alfa ketoglutarat, suksinil Ko-A, fumarat, oksaloasetat, dan sitrat.

Di otot reaksi ini dikatalisir oleh heksokinase sedangkan di hati oleh glukokinase. Bagaimana reaksi meatabolisme karbohidrat?

Perbandingan C: Karbohidrat atau Hidrat Arang adalah suatu zat gizi yang fungsi utamanya sebagai penghasil enersi, dimana setiap gramnya menghasilkan 4 kalori. Kereaktifan ini disebabkan oleh adanya muatan positif pada atom karbon yang mengikat gugus karbonil.

Bagaimana reaksi metabolisme lemak?

Metabolisme Karbohidrat – Pengertian dan Macam Macamnya

Pada saat masuk ke rantai transpor elektron, molekul tersebut mengalami rangkaian reaksi oksidasi-reduksi Redoks yang terjadi secara berantai dengan melibatkan beberapa zat perantara untuk menghasilkan ATP dan H2O. Senyawasisa yang dihasilkanadalah3-fosfoglisd2erat. Glikogenolisisjuga dapat berarti lintasan metabolisme yang digunakan oleh tubuh, selain glukoneogenosis untuk menjaga keseimbangan kadar glukosa di dalam plasma darah untuk menghindari simtoma hipoglisemia.

Kekurangan insulin menyebabkan hypoglikemia glukosa darah kurang dari normal No Transcript About PowerShow. Isositrat melepaskan CO2 sehingga terbentuk - ketoglutarat 5 atom C. Piruvat Kinase Enzim ini merupakan katalis pada reaksi pemindahan gugus fosfat dari asam fosfoenolpiruvat kepada ADP sehingga terbentuk molekul ATP dan molekul piruvat.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Glikogenolisis seakan-akan kebalikan dari glikogenesis, akan tetapi sebenarnya tidak demikian. Secara umum, hipoglikemia dapat dikategorikan sebagai yang berhubungan dengan obat dan yang tidak berhubungan dengan obat. Akhirnya malat C4 dioksidasi menghasilkan kembali oksaloasetat C4.

Penggunaan Protein Untuk Energi 1. Uji Benedict Pereaksi Benedict terdiri dari tembaga sulfat dalam larutan natrium karbonat dan natrium sitrat yang dapat mereduksi glukosa.

Setelah jam puasa, hampir semua simpanan glikogen hati terkuras habis. Titik pusat reaksitifitas senyawa aldehid dan keton adalah ikatan pi dari gugus karbonilnya. Reaksi-reaksi pada siklus asam sitrat diuraikan sebagai berikut: Apabila jumlah asam amino berlebih atau terjadi kekurangan sumber energy lain, tubuh manusia akan memakai asam amino sebagai sumber energy.

Fungsi karbohidrat di dalam tubuh adalah: Siklus asam sitrat merupakan rangkaian reaksi yang menyebabkan katabolisme asetil KoA, dengan membebaskan sejumlah ekuivalen hidrogen yang pada oksidasi menyebabkan pelepasan dan penangkapan sebagaian besar energi yang tersedia dari bahan baker jaringan, dalam bentuk ATP.

Jurnal Doc : metabolisme karbohidrat

Metabolisme mencakup sintesis anabolisme dan penguraian katabolisme molekul organik kompleks. Glukosaphospat diubah menjadi glukosaphospat dengan katalis fosfoglukomutase menjadi glukosa-1,6-biphospat.

Glikogen dalam otot digunakan untuk aktivitas otot dan diganti kembali dengan glukosa darah menurut kebutuhan. Tiap reaksi dalam proses glikolisis ini menggunakan enzim tertentu, dan akan dibahas satu persatu. C6H10O5 n Hidrat arang karbohidrat berperan sebagai hasil dari pencernaan dan absorpsi gula serta zat tepung yang ada dalam darah metabolisme karbohidrat glukosa.

Oleh karena itu, tahapan ini disebut sebagai tahapan sambungan junction antara glikolisis dengan siklus Krebs.

Pada lambung, lemak mengalami proses pencernaan dengan bantuan asam dan enzim menjadi bentuk yang lebih sederhana. Glikogenesis Kelebihan glukosa dalam tubuh akan disimpan dalam hati dan otot glikogen ini disebut glikogenesis.

Otak sebagai organ yang sangat peka terhadap kadar gula darah yang rendah, akan memberikan respon melalui sistem saraf, merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan epinefrin adrenalin.

Pada molekul karbohidrat perbandingan C: Pemecahan protein jadi asam amino terjadi di hati dengan proses deaminasi atau transaminasi.metabolisme karbohidrat disusun oleh robadarocker.comad hanafi, robadarocker.com fakultas kedokteran unair dipakai untuk akper, akbid, fkm, dan farmasi 1/30/ 1/30/ 1 metabolisme karbohidrat disusun oleh robadarocker.comad hanafi, robadarocker.com fakultas kedokteran unair dipakai untuk akper, akbid, fkm, dan farmasi.

4/16/ · Jalur-jalur metabolisme penting mencakup metabolisme karbohidrat, metabolisme lemak, metabolisme protein dan metabolisme asam nukleat. Khusus untuk metabolisme karbohidrat berperan penting dalam reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh yang Author: Arsyad_Moon.

LATAR BELAKANG Kemampuan ikan untuk memanfaatkan karbohidrat tergantung pada kemampuannya menghasilkan enzim amilase sebagai pemecah karbohidrat.

Pengertian dan Proses Metabolisme Karbohidrat

Pada proses pencernaan makanan, karbohidrat mengalami proses hidrolisis, baik dalam mulut, lambung, maupun usus. Hasil akhir metabolisme karbohidrat adalah glukosa, fruktosa, galaktosa, manosa dan monosakarida lain. Kita mengenal berbagai jenis karbohidart, baik yang berfungsi sebagai pembangun struktur maupun yang berperan fungsional dalam proses metabolisme.

Karbohidrat merupakan senyawa aldehida atau keton yangmempunyai gugus robadarocker.com: MAY PUSPITASARI.

Pengertian Metabolisme Karbohidrat dan Macam-macam Metabolismenya

Metabolisme karbohidrat adalah proses kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup untuk mengolah karbohidrat, baik itu reaksi pemecahan (katabolisme) maupun reaksi pembentukan ().

Bentuk karbohidrat terpenting adalah glukosa, yaitu suatu senyawa gula sederhana (monosakarida), dipahami ada terdapat di setiap makhluk hidup untuk proses metabolisme ini.

Metabolisme karbohidrat
Rated 3/5 based on 38 review